Mengenal Whatsapp Blast, Manfaat, dan Caranya

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

Mengenal Whatsapp Blast, Manfaat, dan Caranya
Isi Artikel

Blast message, merupakan salah satu pendekatan dalam sebuah promosi. Menyebarkan banyak pesan ke ratusan orang dalam satu waktu yang sama untuk keperluan awareness adalah bagaimana cara metode ini bekerja. 

Salah satu aplikasi yang menyediakan fitur ini tidak lain dan tidak bukan adalah WhatsApp, melalui fitur terbaru mereka yaitu WhatsApp Blast. 

Hadirnya fitur ini membantu para pemilik bisnis memvariasikan bentuk promosi mereka. Hal ini ditujukan tidak hanya untuk meningkatkan penjualan tapi juga berguna sebagai bentuk peningkatan daya saing di dunia bisnis.

Untuk memahami fitur ini secara lebih lanjut, simak penjelasan berikut ini. Kami akan membahas tuntas fitur WhatsApp Blast mulai dari pengertian hingga cara penerapannya di dalam bisnis.

Pengertian Whatsapp Blast 

Pengertian Whatsapp Blast
Pengertian Whatsapp Blast

Saat ini fungsi Whatsapp tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi antara penjual dan pelanggan. Kini Whatsapp secara signifikan memperluas fungsinya menjadi media pemasaran juga. 

Melalui aplikasi terbarunya WhatsApp Business API, mereka menawarkan satu fitur yang dapat membantu jalannya promosi, fitur tersebut adalah WhatsApp Blast. 

WhatsApp Blast sendiri merupakan fitur yang memungkinkan perusahaan atau pemilik usaha kecil untuk mengirimkan pesan secara masif pada satu waktu yang sama tanpa harus mengetahui nomor pribadi pelanggan. 

Contoh yang paling sering dijumpai adalah pesan promosi yang datang dari ecommerce, toko cepat saji, brand minuman tertentu, dan lain sebagainya. Mereka secara menyeluruh mengirimkan pesan melalui fitur ini agar dapat menjangkau banyak pelanggan.

Namun dalam penerapannya, WhatsApp Blast tidaklah sembarangan. Terdapat regulasi khusus dari WhatsApp yang mengatur hal ini, guna membatasi penggunaannya dan tidak melanggar privasi pelanggan. 

Walaupun begitu fitur dari WhatsApp Business API ini tetap menjadi fitur terbaik sebagai salah satu strategi pemasaran yang masif dan dapat menjangkau banyak orang. 

4 Fungsi Whatsapp Blast 

Selain dapat membantu pemasaran secara keseluruhan fitur satu ini juga mendatangkan banyak manfaat melalui fungsinya. Dilansir dari Ivosights, terdapat empat fungsi utama dari penggunaan fitur WhatsApp Blast ini, antara lain sebagai berikut. 

Pesan Personal 

Pemakaian fitur ini memungkinkan seseorang menyebarkan pesan ke banyak user Whatsapp, dengan isi pesan yang dapat dipersonalisasikan. Di mana pengaturan teksnya sangatlah fleksibel, bisa melibatkan text tanpa limit kata tertentu, emoji, atau bahkan sebuah grafik. 

Personalisasi pesan merupakan salah satu hal penting dalam pemasaran. Ini merupakan strategi dalam membangun hubungan ke pelanggan.

Melalui pesan yang seolah-olah familiar dan memiliki kedekatan dengan mereka akan meningkatkan awareness dan serta pengalaman yang menyenangkan, sehingga pada akhirnya ini juga akan meningkatkan penjualan. 

Mendatangkan Pelanggan Baru 

Melalui fitur WhatsApp Blast pemilik bisnis mampu menyebarkan pesan secara masif kepada kontak anonymous. Sehingga ini akan memungkinkan mereka meningkatkan awareness, yang pada akhirnya dapat mendatangkan pelanggan baru dari sektor yang belum pernah mereka jangkau. 

Pilihan Iklan yang Mobile Friendly 

Saat ini banyak pelanggan cenderung menggunakan aplikasi berbasis mobile untuk banyak keperluan mereka. Di saat yang bersamaan ini juga memberikan peluang bagi para pemilik bisnis untuk melakukan promosi melalui media-media pada perangkat mobile, dan salah satunya adalah WhatsApp. 

Maka dari itu, penggunaan WhatsApp Blast akan sangat tepat untuk saat ini. Sebab fungsinya mampu menyederhanakan proses pemasaran, serta mengakomodasi pesan mengenai produk yang dijual agar mampu menjangkau banyak orang. 

Umpan Balik Real Time

Marketing yang dilakukan secara digital kini memiliki banyak tujuan tersendiri, mulai dari peningkatan awareness, membangun hubungan pada pelanggan, atau bahkan meningkatkan konversi. 

Semua tujuan tersebut secara keseluruhan masuk ke dalam fungsi WhatsApp Blast. Melalui fitur satu ini memungkinkan pemilik bisnis membangun awareness dan meningkatkan hubungan ke para pelanggannya.

Sebab WhatsApp mampu menyediakan ruang interaksi, sehingga umpan balik dari pelanggan dapat terakomodasi, dan selanjutnya mungkin saja akan terkonversi menjadi peningkatan penjualan.

Baca juga: Memahami Feedback dan Serba-Serbinya dalam Komunikasi di Kantor

Cara Melakukan Whatsapp Blast 

Cara Melakukan Whatsapp Blast
Cara Melakukan Whatsapp Blast

Berdasarkan fungsi serta manfaatnya, tentu Anda akan berfikir mengenai bagaimana cara penerapannya. Untuk menjawab kebingungan tersebut, berikut merupakan cara melakukan WhatsApp Blast dengan baik dan benar. 

  1. Persiapkan nomor WhatsApp khusus dan pesan yang relevan untuk menjalankan keperluan pemasaran. 
  2. Selanjutnya siapkan daftar grup, kontak, ataupun nomor anonim yang akan Anda tuju sebagai target pemasaran, perhatikan ketentuan serta izinnya agar tidak melanggar privasi.
  3. Berikutnya pilihlah aplikasi pihak ketiga penyedia solusi bisnis untuk membantu jalannya proses blast pada whatsapp, Anda bisa menemukan daftarnya aplikasinya di sini. (hal ini dilakukan karena whatsapp secara keseluruhan tidak menyediakan fungsi blast pesan)
  4. Sebelum memasukan pesan dan hal teknis lainnya, pastikan Anda telah membuat akun Facebook Business Manager. 
  5. Setelah selesai membuat akun, kembalilah masuk ke aplikasi pihak ketiga yang telah Anda pilih sebelumnya. 
  6. Import kontak yang telah Anda siapkan tadi ke dalam aplikasi tersebut dan pastikan juga Anda telah menyunting pesan sebelumnya agar pembaca dapat memahami informasi yang disampaikan. 
  7. Berikutnya, atur waktu pengiriman pesan Anda, pilihlah waktu yang sekiranya akan banyak mendatangkan atensi. TIdak ada patokan dalam hal ini karena keseluruhannya menyesuaikan kebutuhan Anda. 
  8. Jika semua pengaturan dan pesan telah benar, langkah terakhir adalah menjalankan fitur tersebut. Aplikasi pihak ketiga tadi akan mengirimkan pesan Anda secara otomatis ke beberapa daftar kontak yang telah Anda masukan. 

Selain memahami langkah-langkahnya perlu diingat bahwa penggunaan WhatsApp Blast ini harus memperhatikan ketentuan dan kebijakannya.

Selain daripada itu, agar fitur ini bekerja secara maksimal Anda perlu menggunakan pendekatan marketing yang tepat sehingga dapat menyasar pelanggan potensial yang dapat meningkatkan angka penjualan. 

Blast Lebih Mudah Info Terkini Kepada Karyawan dengan Fitur Announcement

Blast pesan selain berguna untuk keperluan promosi ini juga sangat berguna untuk penyebaran informasi secara masif di lingkungan perusahaan. 

Dengan jumlah karyawan yang banyak, menjadikan penyebaran informasi sebagai salah satu hambatan tersendiri. Misinformasi atau penyampaian yang tidak lengkap dapat menghambat jalannya operasional atau bahkan meningkatkan human error.

Maka dari itu penggunaan blast pesan untuk menyampaikan informasi terkini kepada karyawan sangatlah penting untuk dilakukan. Guna mengakomodasi hal tersebut, LinovHR hadir dengan menawarkan fitur announcement. 

FItur ini tidak jauh berbeda seperti WhatsApp Blast, hanya saja keperluannya jauh lebih spesifik untuk memberikan informasi terkini kepada karyawan yang terlibat di dalam bisnis. 

Fitur announcement dapat Anda temui melalui modul workbench terbaru kami. Ini memungkinkan Anda untuk mengirimkan pesan broadcast secara mudah, cepat, dan menyeluruh. Sehingga pada akhirnya ini akan mampu meningkatkan jalannya operasional dan meminimalisir adanya human error.

Selain modul workbench, LInovHR juga menyediakan fitur lainya seperti payroll, LMS, Career Path, hingga TIme Management. Tiap modulnya dilengkapi dengan fitur modern yang mampu menyederhanakan berbagai proses manajemen SDM. 

Untuk itu, segeralah gunakan LinovHR sebagai alat bantu pengelolaan SDM Anda. Kirim pesan secara menyeluruh ke banyak karyawan untuk mengoptimalkan operasional. 

Bagi Anda yang tertarik, hubungi kami di sini sekarang juga. Kami menyediakan layanan gratis selama tiga bulan pertama untuk Anda pelanggan baru. 

Jadi, jangan sampai lewatkan kesempatan ini dan optimalkan penyampaian informasi Anda bersama LInovHR!

Tentang Penulis

Picture of Harya Hafiz Khairan
Harya Hafiz Khairan

Seorang lulusan prodi Jurnalistik Politeknik Negeri Jakarta. Kini fokus menulis tentang HR, Teknologi, Game, dan Gaya Hidup. Aktif juga dalam membuat beberapa puisi.

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Tentang Penulis

Picture of Harya Hafiz Khairan
Harya Hafiz Khairan

Seorang lulusan prodi Jurnalistik Politeknik Negeri Jakarta. Kini fokus menulis tentang HR, Teknologi, Game, dan Gaya Hidup. Aktif juga dalam membuat beberapa puisi.

Artikel Terbaru