Performance Review: Ini Pengertian dan Tips Membuatnya

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

Pengertian Performance review
Isi Artikel

Di dalam perusahaan, performance review sangat penting untuk memberikan gambaran tentang kinerja karyawan.

Performance review atau penilaian kinerja adalah proses yang perlu dilakukan secara berkala dalam jangka waktu tertentu. Adanya performance review membantu perusahaan menjalankan operasionalnya dengan lebih efektif dan mencapai tujuannya.

Namun, tidak semua perusahaan menerapkan penilaian kinerja, dan bahkan jika sudah diterapkan, masih banyak manajer yang melakukannya secara kurang efektif.

Lantas, bagaimana cara melakukan performance review yang efektif agar dapat berdampak positif pada kinerja perusahaan dan pengembangan individu karyawan?

Simak artikel tentang performance review berikut ini untuk informasi lebih lanjut.

Apa Itu Performance Review

performance review adalah


Performance review adalah proses evaluasi yang dilakukan oleh manajer atau atasan untuk menilai kinerja karyawan terhadap kontribusinya di perusahaan.

Penilaian kinerja disusun dengan berbagai metode yang berfungsi untuk mengindentifikasi kekuatan dan kelemahan karyawan secara efektif, memberikan feedback yang konstruktif, serta menetapkan tujuan di masa depan.

Perusahaan menetapkan periode pengukuran dan target sebagai standar penilaian kinerja, yang biasanya tercantum dalam Key Performance Indicator (KPI) dan Objective and Key Result (OKR).

Beberapa perusahaan melaksanakan evaluasi ini setiap kuartal atau tahunan. Setelah melakukan penilaian kinerja, perusahaan dapat mengidentifikasi karyawan yang memberikan kontribusi signifikan dan mereka yang memerlukan perbaikan.

Baca Juga: Simak Perbedaan HRD dan Personalia yang Harus Anda Ketahui!

Tujuan Performance Review

Performance review bertujuan untuk mengevaluasi pencapaian karyawan terhadap target yang telah ditetapkan serta memberikan umpan balik yang membangun untuk mendukung pengembangan dan peningkatan kinerja.

Berikut beberapa tujuan dari performance review yang perlu dipahami:

1. Evaluasi Kinerja

Evaluasi kinerja merupakan tahapan penting dalam performance review, proses ini melibatkan penilaian hasil kerja karyawan, pencapaian target, dan kontribusi mereka terhadap tujuan perusahaan.

Evaluasi kinerja memberikan kesempatan karyawan untuk mengetauhi sejauh mana upaya mereka memenuhi tujuan perusahaan.

2. Menentukan Tujuan dan Sasaran Perusahaan

Review kinerja dapat dilakukan apakah pekerjaan yang dilakukan oleh karyawan sudah sesuai dengan tujuan perusahaan.

Dengan menetapkan tujuan yang jelas, karyawan dapat fokus terhadap pekerjaan yang harus dilakukan agar tepat sasaran ke arah yang benar.

3. Pengembangan Karyawan

Salah satu tujuan utama dari performance review adalah untuk mendukung perkembangan karyawan.

Dengan umpan balik yang konstruktif, karyawan dapat mengetahui area di mana mereka bisa meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka.

Hasil evaluasi membantu karyawan agar tetap selaras dengan perubahan dalam tujuan jangka panjang organisasi.

4. Pemberian Kompensasi

Hasil evaluasi dan upaya peningkatan kinerja karyawan dapat memberikan keuntungan bagi mereka, seperti bonus untuk proyek tertentu.

Selain itu, performance review juga menjadi kesempatan bagi karyawan untuk menyampaikan keinginan mereka terkait kenaikan gaji.

5. Penetapan Tujuan

Objective and Key Results (OKR) sebaiknya diterapkan tidak hanya pada skala tim, tetapi juga pada tingkat individu.

OKR memberikan tujuan yang jelas bagi karyawan, sehingga mereka merasa memiliki arah dan tetap termotivasi.

Baca juga: Kenali Performance Review Generator dan Rekomendasinya

Cara Membuat Performance Review

Cara Melakukan Performance Review


Agar Performance review tersebut befungsi optimal, pembuatannya harus baik dan mudah dipahami. Lalu, bagaimana cara membuat Performance review yang baik tersebut? Berikut penjelasannya.

1. Menentukan Aspek Kompetensi Karyawan

Di dalam sebuah Performance review yang baik, harus memasukkan aspek kompetensi apa yang dibutuhkan seorang karyawan.

Aspek kompetensi ini disesuaikan dengan jabatan karyawan yang bersangkutan. Ini artinya, antar karyawan akan mendapat format performance review yang berbeda-beda.

Sebagai contoh, seorang kepala divisi memiliki kompetensi dasar berupa kemampuan komunikasi, kepemimpinan, inisiatif, penyelesaian masalah, dan pengelolaan rencana.

Berbeda lagi dengan staf divisi, aspek kepemimpinan dan pengelolaan rencana bisa dihapuskan dalam Performance review-nya.

Baca Juga: 8 Langkah Praktis dalam Menerapkan Sistem Manajemen Kompetensi

2. Menentukan Aspek Hasil Kinerja

Performance review yang baik juga dilengkapi dengan aspek hasil kinerja. Komponen review ini bertujuan untuk melakukan pemetaan hasil kerja karyawan dalam serangkaian indikator performa yang terukur.

Sebagai contoh di divisi produksi maka indikator reviewnya adalah berapa jumlah barang yang dihasilkan per shift dan persentase produk yang tidak layak jual.

Melalui aspek penilaian hasil kerja, maka bisa dijadikan rujukan dalam proses evaluasi kinerja karyawan. Skor yang diberikan adalah penilaian yang secara jelas bisa memberi gambaran akan kinerja karyawan dan aspek apa yang harus diperbaiki.

3. Memberikan Ulasan Pengembangan Karyawan

Penilaian kinerja akan lebih baik ketika memasukkan aspek pengembangan karyawan (employee development). Aspek ini berisikan saran kepada karyawannya untuk pengembangan diri seperti apa yang harus diambil oleh karyawan tersebut.

Hal ini tentu berkaitan dengan dua komponen review yang sudah dibuat penilaiannya di atas sehingga saran menjadi lebih terukur dan beralasan.

Sebaiknya pula penilaian kinerja dilakukan secara tatap muka untuk menghargai karyawan. Dorong pula karyawan untuk melakukan evaluasi dirinya sendiri sesuai pandangan pribadi. Berikan ruang bagi mereka menyampaikan alasan jika ada poin yang memiliki review kurang baik.

Contoh Performance Review

Seorang manajer di perusahaan IT di Bali melakukan penilaian kinerja terhadap anggota timnya. Ia menggunakan metode 360-degree feedback untuk mendapatkan perspektif yang lebih luas tentang kinerja setiap anggota tim.

Selain itu, ia juga mendorong self-assessment agar karyawan dapat merefleksikan kinerja mereka sendiri.

Dalam situasi saat ini, di mana banyak pekerjaan dilakukan secara remote, manajer tersebut memanfaatkan software LinovHR.

Fitur Feedback

Dengan Modul Performance Appraisal Management dari LinovHR, penilaian kinerja dapat dilakukan lebih mudah dan efisien.

Baca Juga: Apa yang Dimaksud Performance Review Calibration?

Lakukan Performance Review dengan Performance Management Software LinovHR

Melakukan penilaian kinerja sudah menjadi hal penting yang harus dilakukan perusahaan. Hal ini tentu saja dapat membantu perusahaan dalam mengatasi hambatan yang seringkali terjadi kepada karyawan yang bisa saja mempersulit pencapaian goals perusahaan.

Di dalam proses penilaian, data perkembangan kinerja karyawan menjadi bahan yang penting sebagai evaluasi. Maka tidak mengherankan bila semakin banyak perusahaan yang memanfaatkan software performance management dalam proses penilaian kinerja.

Software performance management membantu perusahaan untuk memonitoring perkembangan performa serta menyajikan data analisis terkait performa tersebut. Hasilnya, proses penilaian bisa lebih objektif dan terukur.

performance review

Performance Management Software dari LinovHR akan memungkinkan perusahaan untuk melakukan penilaian kinerja dengan data-data yang komprehensif berdasarkan tugas yang dikerjakan oleh karyawan itu sendiri. Tentunya juga berdasarkan KPI yang sudah ditetapkan oleh perusahaan.

Pada Software Performance Management LinovHR terdapat fitur menarik yang bisa membantu perusahaan dalam melakukan penilaian kinerja.

Seperti fitur Goals & KPIs yang memungkinkan perusahaan untuk menetapkan tujuan yang ingin dicapai oleh para karyawan. Perusahaan pun dapat melihat secara real time sejauh apa pencapain tujuan yang sudah ditetapkan, baik itu mingguan, bulanan, atau tahunan.

Dengan menggunakan Performance Management Software LinovHR, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan dan kemudahan, terutama dalam melakukan penilaian kinerja karyawan secara lebih akurat dan objektif.

Segera gunakan Performance Management Software LinovHR untuk memperoleh kemudahan dalam penilaian kinerja sekarang!

Tentang Penulis

Picture of Admin LinovHR
Admin LinovHR

Akun Admin dikelola oleh tim digital sebagai representasi LinovHR dalam menyajikan artikel berkualitas terkait human resource maupun dunia kerja.

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Admin LinovHR
Admin LinovHR

Akun Admin dikelola oleh tim digital sebagai representasi LinovHR dalam menyajikan artikel berkualitas terkait human resource maupun dunia kerja.

Artikel Terbaru