Apa itu Self Assessment? Ini Manfaat dan Cara Melakukannya

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

Pengertian Self Assessment
Isi Artikel

Self assessment adalah konsep yang umum ditemukan dalam pembelajaran, pengembangan diri, dan manajemen kinerja. Istilah ini mengacu pada proses di mana seseorang menilai dan mengevaluasi dirinya sendiri untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, dan area yang perlu dikembangkan.

Lantas, apa itu self assessment ? Berikut ini penjelasan mengenai pengertian dan cara melakukannya.

Apa itu Self Assessment?

self assessment adalah menilai diri sendiri


Sesuai namanya, self assessment adalah sebuah penilaian kinerja di mana karyawan melakukan penilaian kinerjanya secara mandiri.

Proses ini merupakan bagian penting dari manajemen kinerja yang memberikan kesempatan karyawan untuk merefleksikan kinerja dan mengidentifikasi kekuatan serta area yang perlu diperbaiki.

Self assessment dapat dilakukan dengan berbagai metode, termasuk menggunakan checklist. Dalam metode ini, karyawan menjawab pertanyaan dengan pilihan yang disediakan dan sering kali diminta menjelaskan alasan serta memberikan keterangan tambahan.

Proses ini membantu karyawan memahami kontribusi mereka terhadap organisasi dan aspirasi karir mereka. Hal ini dapat meningkatkan motivasi, serta berkontribusi pada peningkatan kinerja, kepuasan kerja, dan keterlibatan karyawan.

 Baca Juga: 5 Contoh Template Employee Assessment Form yang Baik dan Benar

Manfaat Self Assessment Karyawan

Self assessment membantu manajer lebih memahami apa yang karyawannya butuhkan dan bagaimana hambatan kerja yang dihadapi.

Dengan begitu pihak manajer bisa menyusun strategi kerja agar lebih bisa membaur bersama karyawan tanpa perlu mengurangi target kerja.

Berikut manfaat self assessment karyawan:

1. Meningkatkan Komunikasi Dua Arah

    Self-assessment memberikan Anda kesempatan untuk menjelaskan diri Anda. Jika ada masalah yang disampaikan oleh atasan, Anda bisa memberikan klarifikasi dan penjelasan yang diperlukan. Hal ini memperbaiki komunikasi dan mengurangi risiko salah paham antara Anda dan atasan.

    2. Membantu Mengenali Kesalahan Pribadi

    Proses ini juga membantu Anda menyadari kesalahan yang mungkin belum Anda ketahui. Dengan memahami kelemahan Anda lebih awal, Anda bisa lebih siap menghadapi performance appraisal dan mendiskusikan hal-hal yang perlu diperbaiki dengan lebih cepat dan efisien.

    3. Meningkatkan Kesadaran Diri

    Self-assessment dapat meningkatkan kesadaran diri, yang merupakan bagian penting dari kecerdasan emosional. Dengan memahami kekuatan dan kelemahan Anda, Anda bisa membuat keputusan yang lebih baik untuk perkembangan karier dan terus memajukan diri Anda.

    Cara Melakukan Self Assessment Karyawan

    Mungkin menjabarkan apa yang Anda kerjakan dalam setahun terdengar cukup merepotkan. Padahal tidak demikian. Inilah beberapa cara melakukan self assessment:

    1. Jelaskan Scope Pekerjaan

    Setiap pekerjaan tentu memiliki ruang lingkup atau scope yang berbeda. Contohnya scope antara digital marketing specialist dan java programmer tentulah tak sama. Jelaskan scope pekerjaan Anda secara detail termasuk parameter yang ditetapkan. 

    2. Buat Daftar Sisi Positif

    Selanjutnya Anda perlu menjelaskan sisi positif dari dalam diri selama bekerja di perusahaan. Jika Anda kebingungan untuk menjelaskan sisi positif, Anda bisa meminta tolong kepada rekan untuk menjelaskan aspek mana saja yang unggul di diri Anda. 

    3. Uraikan Pencapaian

    Setelah menjelaskan sisi positif, Anda juga perlu menguraikan pencapaian yang sudah dicapai. Biasanya pencapaian yang melebihi target akan membantu Anda mendapatkan bonus atau promosi jabatan. 

    4. Akui Kesalahan dan Kelemahan

    Setiap orang tentu punya kekurangan, begitu juga diri Anda dalam bekerja sehari-hari. Mengakui kesalahan dan kelemahan tentu bukan menandakan Anda adalah orang yang tidak kompeten atau bodoh, namun cara ini dapat membantu Anda menyusun strategi demi pencapaian kinerja yang lebih baik. 

    5. Berikan Saran dan Solusi Kepada Manajemen

    Adapun yang dimaksud dengan saran dan solusi ini bukan hanya untuk pekerjaan Anda, melainkan untuk pihak manajemen perusahaan baik itu HRD dan atasan Anda sendiri. Sehingga para jajaran manajemen perusahaan dapat memahami apa yang Anda butuhkan untuk mengembangkan diri dan semakin produktif. 

    6. Buat Rencana Berikutnya

    Jika sebelumnya Anda sudah menjelaskan apa kelebihan dan kekurangan serta masukan untuk pihak manajemen, buatlah rencana selanjutnya untuk diri Anda. Rencana ini dapat menggunakan metode SMART agar memudahkan Anda mencapainya di periode kerja mendatang. 

        

      Lantas, Apakah Ada Aspek Tertentu yang Harus HRD Perhatikan?

      HRD adalah divisi terkait yang harus memperhatikan secara seksama apa saja poin dan penjelasan yang dijabarkan oleh karyawan selama self assessment.

      Biasanya HRD akan membandingkan apa yang karyawan jelaskan dengan penilaian lainnya baik dari rekan ataupun dari manajer bersangkutan yang bekerja langsung bersama karyawan. 

      Selanjutnya, HRD perlu mempertimbangkan segala masukan yang diberikan oleh karyawan. Sebab bagaimanapun juga masukan dari karyawan ini dapat meningkatkan kinerja HRD dalam manajemen SDM jauh lebih baik. Cara ini membuat karyawan merasa lebih dihargai keberadaannya dalam perusahaan. 

      HRD pun dapat mulai mempertimbangkan menggunakan perangkat lunak atau software HRD untuk memaksimalkan evaluasi tahunan.

      Alhasil, HRD mempu lebih fokus untuk mengembangkan rencana manajemen SDM lebih mendalam supaya karyawan mampu mengeluarkan kinerja dan talenta terbaik yang dimiliki serta menjaga keharmonisan suasana kantor. 

       

      Baca Juga: Metode Peer Assessment untuk Penilaian Rekan Kerja

       

      Kelola Evaluasi Karyawan Menggunakan Performance Management System LinovHR

      Self assessment merupakan salah satu faktor dalam mencapai kesuksesan perusahaan. Dengan begitu, karyawan dapat memahami diri sendiri yang akan berdampak pada perkembangan perusahaan itu sendiri dalam peningkatan kinerja mereka.

      Hasil yang maksimal sesuai harapan perusahaan akan tercapai bila proses pengembangan kinerja yang dilakukan tepat dan akurat. 

      Karena itu, banyak perusahaan besar khususnya di Indonesia telah beralih kepada software pengelolaan SDM  karena pengelolaan kinerja manual tidaklah optimal mengingat banyaknya parameter yang dinilai dan jumlah karyawan itu sendiri.

       

      performance review untuk self assessment

      Performance Management System dari Software HRD LinovHR memudahkan perusahaan untuk meningkatkan kinerja pada tiap individu maupun tim kerja melalui berbagai macam fitur. 

      Contohnya adalah fitur feedback, fitur ini tersedia dalam performance management yang digunakan untuk seluruh karyawan untuk memberikan feedback untuk rekan kerja, manajer, bahkan untuk dirinya sendiri dengan kurun waktu 1 kali per periode yang telah ditentukan.

      Fitur feedback terbagi menjadi berbagai tipe, yaitu Self Feedback, Manager Feedback, Subordinate Feedback, Peer to Peer Feedback, Team Feedback, Internal Feedback, External Feedback, dan Custom Feedback.

       

      Panduan Mengakses E-learning di LMS LinovHR
      Panduan Mengakses E-learning di LMS LinovHR

       

      Dari hasil feedback dan penilaian kinerja tersebut, karyawan dapat menentukan potensi diri yang dapat diperbaiki secara mandiri. Hal ini dapat diterapkan melalui request e-learning di Learning Management System LinovHR. Karyawan dapat mengikuti pelatihan sebagai bentuk mawas diri.

      Ingin tahu fitur apa saja dalam modul LinovHR yang dapat memudahkan self assessment karyawan? Klik tautan berikut untuk dan jadwalkan demo software dari LinovHR bersama tim kami!

      Tentang Penulis

      Picture of Admin LinovHR
      Admin LinovHR

      Akun Admin dikelola oleh tim digital sebagai representasi LinovHR dalam menyajikan artikel berkualitas terkait human resource maupun dunia kerja.

      Bagikan Artikel Ini :

      Related Articles

      Newslater

      Newsletter

      Tentang Penulis

      Picture of Admin LinovHR
      Admin LinovHR

      Akun Admin dikelola oleh tim digital sebagai representasi LinovHR dalam menyajikan artikel berkualitas terkait human resource maupun dunia kerja.

      Artikel Terbaru